Kamis, 23 Agustus 2018

Pemasangan Profil List Gypsum

Profil list gypsum adalah hiasan plafon yang di pasang di antara sudut dinding dengan sudut atau pinggiran plafon. Selain itu bisa juga di pasang di antara plafon bagian atas dengan plafon bagian bawah. Plafon bagian atas dan plafon bagian bawah ini dalam dunia perplafonan biasa di sebut dengan trap atau tingkatan.

Dengan kata lain profil list gypsum adalah bingkainya plafon. Ibarat sebuah foto di dinding bilamana tidak memakai bingkai, rasanya tentu akan kurang indah di pandang. Begitu juga dengan plafon rumah, agar penampilannya lebih indah dan menawan, maka salah satu caranya adalah harus di pasang profil list gypsum di sekililing tepian plafon rumah itu sendiri.

Banyak tersedia berbagai macam ukuran dari profil list gypsum ini, mulai dari ukuran yang kecil yaitu 5 cm sampai ukuran yang besar yaitu 20 cm, dan ukuran panjangnya untuk profil list gypsum pada umumnya sama di 2 meter lebih. 

Motif list gypsum juga bermacam - macam. Ada motif bunga, motif polos, motif garis, dan lain -lain. Dengan kata lain aksesoris untuk plafon rumah dengan menggunakan papan gypsum ini tersedia banyak model dan jenisnya.

Sebelum memulai pemasangan siapkan terlebih dahulu bahan dan alatnya yaitu : 
  • Cornice yang sama untuk pendempulan papan gypsum
  • Ember untuk tempat air bersih.
  • Pisau Dempul (lihat foto pada tahapan pendempulan)
  • Scrap Dempul (lihat foto pada tahapan pendempulan)
  • Kertas Pasir.
  • List Gypsum

Langkah pertama :


Membuat garis lurus di sekeliling dinding yang akan di pasang profil list gypsum dengan cara ukur menurun dari permukaan papan gypsum pada tepi pinggiran plafon, lalu buatkan tanda. Lakukan pembuatan tanda ini di 4 sudut dinding, untuk nanti menarik garis lurus dengan menggunakan tali pensil. untuk lebih jelasnya kurang lebih hasil garisnya seperti foto di bawah ini.

Cara menentukan nilai ukuran dari permukaan papan gypsum. Misalkan pada foto di atas itu 7 cm, bila menggunakan profil list gypsum yang memiliki lebar 10 cm. Namun bila mana anda ingin menggunakan profil list yang memiliki lebar misalkan 14 cm, maka jarak menurun dari permukaan papan gypsum adalah 9 cm.

Fungsinya dari pengukuran dan pembuatan garis ini adalah untuk mengatur kemiringan dan kelurusan pada profiil list gypsum yang akan di pasang. Perlu di ingat terlalu tegak pemasangan pada profil list gypsum itu tidak baik, dan sebaliknya bila pemasangan profil list gypsumnya terlalu miring juga tidak baik. Ukuran ini adalah ukuran yang ideal.

Langkah ke dua :

Setelah garis lurus di sekeliling dinding selesai, selanjutnya perusakan acian pada dinding dengan menggunakan Hammer.

Makudnya perusakan di sini bukan seluruh dinding yang sudah di aci itu di rusak. Namun hanya pada bagian dinding yang tadi sudah di buat garis lurus saja. Jadi kasih luka sedikit acian, sampai terlihat plesteran pas pada garis.
Tujuan dari penghancuran acian ini agar nantinya pengeleman pada profil list gypsum lebih lekat menempel pada dinding. Sehingga Profil List Gypsum tidak akan mudah retak dan jatuh. Soalnya banyak kasus retak atau terjatuh profil list gypsum, di karenakan pada dinding itu tidak di kasih luka lebih dulu. Lakukan semua pelukaan dinding di sekeliling yang sudah di buat garis lurus tadi.

Langka ke tiga :

Setelah pelukaan dinding selesai selanjutnya adalah penempelan penyangga atau penahan profil list gypsum dengan menggunakan skrup atau paku pada dinding pas di garis lurus yang di jelaskan pada langkah ke dua di atas. Penahan ini bersifat sementara, jika lem sudah kering, maka penahan ini akan di cabut

Buat penahan untuk satu batang profil list gypsum minimal 3 penahan misalkan di ujung satu, di tengah satu, dan di ujung lainnya satu. Lakukan pemasangan 1 batang profil list gypsum lebih di mulai dari 2 sudut dinding yang bersebrangan. Sisanya nanti tinggal sambung.

Langkah ke 4 :

Tibalah saatnya pemasangan profil list gypsum pada dinding yang sudah di buat garis lurus tadi. Pertama - tama yang harus di lakukan adalah :

  • Bentangkan profil list gypsum pada lantai, jika anda menggunakan stelling bergeser. Namun jika anda menggunakan stelling penuh, maka pembentangannya bisa di lakukan di atas stelling.
  • Tentukan posisisi motif pada profil list gypsum. Misalkan pada motif polos biasanya terdapat garis - garis kecil lurus dan terdapat juga lengkungan. Jadi jika garis - garis lurus ini mau di bagian atas, maka pemotongannya nanti harus di perhatikan.  
  • Setelah posisi di dapatkan, potong miring ujung profil list gypsum seperti pada gambar di bawah ini : Pemotongan sisi ujung ini untuk di tempatkan di sudut dinding. lalu potong lurus  pada ujung satunya lagi kira - kira 5 cm.
  • Jika sudah persiapkan lem cornice, pisau dempul, ember kecil untuk tempat pencampuran dempul, dan air bersih. Campur lem cornice dan air bersih, buat agak kental, lalu aduk sampai tercampur, lalu oleskan dengan menggunakan pisau dempul pada sisi - sisi profil list gypsum atas dan bawah atau kiri dan kanan.
  • baja ringan murah padalarang 0811 2049 113

Tidak ada komentar:

Posting Komentar