Senin, 27 Agustus 2018

5 Keunggulan Konstruksi Rumah Rangka Baja

Saat ini, penggunaan baja ringan sebagai pengganti kayu untuk atap rumah memang sedang naik daun. Kualitas dan keunggulan baja ringan sukses menarik masyarakat menggunakan kerangka atap baja ringan. Tapi bagaimana dengan penggunaan baja untuk rangka bangunan?
Hal ini masih jarang dilakukan atau digunakan oleh masyarakat. Sebagian besar dari mereka masih mempercayakan konstruksi beton untuk membangun rumah. Padahal, bila dibandingkan secara cermat, penggunaan baja tak kalah tangguhnya dengan beton.
Jika Anda menghitung banyak faktor terkait pilihan yang tepat untuk membangun rumah, bisa jadi penggunaan baja untuk rangka bangunan lebih menguntungkan. Tentu kerangka baja memiliki kekurangan, tapi ketika dibandingkan dengan material lainnya, ada beberapa hal yang menarik.
Contohnya dalam hal-hal berikut. Ada 5 hal yang menjadi nilai lebih dan keunggulan penggunaan baja untuk konstruksi kerangka rumah dibandingkan beton atau kayu

1. Kekuatan
Kekuatan merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam hal konstruksi. Kekuatan ini menyangkut keamanan dan kenyamanan untuk para penghuni bangunan nantinya. Untuk material baja, sudah tidak diragukan lagi kekuatannya.
Jika dihitung secara cermat sesuai standar yang berlaku, konstruksi baja dan beton memiliki kekuatan yang sama. Pemilihannya hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Ini karena tiap material konstruksi memiliki kelebihan dan kekurangan.
2. Hemat Biaya
Soal biaya sudah tidak diragukan bahwa konstruksi baja relatif lebih hemat, bila dibandingkan dengan beton. Bayangkan ketika membangun rumah dengan konstruksi beton untuk rangkanya, Anda tentu membutuhkan papan yang digunakan untuk membuat cor beton terlebih dahulu.
Namun, hal tersebut tidak diperlukan bila memakai konstruksi baja sebagai rangka bangunan. Dengan demikian, alat yang digunakan lebih sedikit dan bisa mengalokasikan dana ke hal lain agar lebih efektif dan efisien.
3. Kecepatan
Kelebihan lainnya dari rumah rangka baja ialah dari segi kecepatan. Anda bisa mencoba membandingkan pembangunan rumah dengan beton atau dengan baja. Rumah konstruksi beton lebih lama, baik pembuatan hingga pengeringannya. Sementara rangka baja, pembuatannya relatif singkat. Inilah salah satu yang menjadi daya tarik penggunaan rangka baja.
4. Ketahanan
Awet atau tahan lama adalah keunggulan lain dari rumah rangka baja. Misalnya, atap rumah yang memakai baja ringan, menggantikan kayu. Bahan kayu memiliki usia ketahanan yang terbatas berkisar 25 hingga 30 tahun. Ini karena kayu memiliki sifat mudah keropos dan dimakan serangga. Sedangkan baja tahan terhadap keropos atau dimakan rayap. Pergantian cuaca juga tak akan mempengaruhi struktur baja, meski dalam kurun waktu lama.
5. Nilai Investasi
Satu lagi keunggulan dari rumah rangka baja ialah memiliki nilai investasi yang sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Misalnya, bangunan akan dibongkar setelah 30 tahun lamanya.
Konstruksi baja yang telah digunakan tersebut bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi dibandingkan konstruksi beton. Bila rangka dari beton, umumnya rumah yang dibongkar hanya menjadi puing-puing saja. Namun baja masih bisa digunakan, meski sudah lawas.


baja ringan murah padalarang 0811 2049 113

Tidak ada komentar:

Posting Komentar