Kamis, 23 Agustus 2018

Pemasangan Papan Gypsum Atau Gypsum Board

Perlu di ketahui bahwa papan gypsum atau gypsum board memiliki ukuran lebar 120 cm, dan ukuran panjang 240 cm.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya pada poin 3 dan poin 4 dalam langkah pemasangan rangka hollow, jarak antara hollow BB adalah 60 cm. Bila 60 cm + 60 cm  = 120 cm, maka sesuai dengan ukuran lebar papan gypsum yaitu 120 cm. Begitu juga dengan panjangnya, bila di tambahkan terus 60 cm, nanti akan ketemu di 240 cm, maka sesuai juga dengan ukuran panjang papan gypsum yaitu 240 cm.

Oleh  karena itu posisi pemasangan papan gypsum ketika akan di tempel pada rangka hollow itu tergantung dari selera tukang pasang. Bisa memanjang ke timur bisa dan bisa juga di pasang menghadap kebarat. yang pasti ikut menyesuaikan dengan rangka hollow dan harus pas, supaya papan gypsum bisa di sekrup dengan baik.

Namun perlu di pikirkan juga sebelum melakukan penutupan alangkah baiknya perkiraan dahulu, kira kira penutupan ke arah mana yang lebih baik, yang nantinya tidak terlalu banyak melakukan pemotongan pada papan gypsum. Karena pemasangan papan gypsum ini sama halnya seperti pemasangan keramik, di mana pada tiap pinggiran pasti ada saja selisih atau sisa ukuran, sehingga harus di lakukan pemotongan. 

Lakukan pemasangan papan gypsum dengan menggunakan sekrup. Umumnya penggunaan skrup untuk penyekrupan papan gypsum dengan menggunkan ukuran skrup 2.5 cm. Lakukan penyekrupan di papan gypsum pada jalur yang ada hollow BBnya. Ukuran jarak antar skrup yang ideal adalah 10 cm, pastikan skrup masuk sedikit kedalam papan gypsum agar memudahkan nanti ketika akan memulai pendempulan atau penutupan sambungan papan gypsum dengan menggunakan cornice.

Jika semua papan gypsum atau gypsum board terpasang, pastikan kembali semua penyekrupannya apakah sudah benar dan sudah kuat. Jika sudah, selanjutnya adalah ketahap pendempulan.


Pendempulan Papan Gypsum Pada Sambungan Dan Lubang - Lubang Sekrup
Salah satu kelebihan plafon dengan menggunakan papan gypsum adalah tidak terlihatnya sambungan dan juga lubang-lubang sekrup dan hal itersebut sangat tergantung dari cara mendempulnya. Bila pendempulan di lakukan dengan sembarangan atau asal - asalan,  maka hasilnya sambungan akan tetap terlihat. Jadi tahapan pendempulan ini adalah tahapan yang menentukan hasil akhir apakah plafon terlihat rapih atau tidak.

Untuk mendapatkan hasil akhir yang baik pada plafon agar sambungan papan gypsum tidak terlihat di perlukan kesabaran dan kejelian ketika mengerjakannya. Pendempulan yang baik adalah pendempulan yang berulang. Artinya pendempulan tidak cukup 1 kali saja, melainkan harus sampai 2 atau 3 kali, bila rasa masih belum rata, lakukan lagi pendempulan sampai 4, atau 5 kali.

Bahan untuk pendempulan ini biasanya menggunakan Cornice yang di campur dengan air. Pencampuran yang baik harus sedikit agak kental dan jangan terlalu cair dan jangan terlalu banyak dibuat, karena cornice agak sedikit cepat mengering. Peralatan kerja yang di butuhkan untuk pendempulan ini adalah Scrap dempul, ember kecil dan pisau dempul.



baja ringan murah padalarang 0811 2049 113

Tidak ada komentar:

Posting Komentar