Senin, 27 Agustus 2018

Desain Rangka Atap Baja Ringan, Biaya Pemasangan

Desain Rangka Atap Baja Ringan, Biaya Pemasangan 

Atap berfungsi sebagai pelindung, sebagai privasi serta keamanan bagi penghuni bangunan di bawahnya.
Ada berbagai bentuk desain atap dengan material yang berbeda – beda. Variasi desain bentuk atap pada rumah tinggal umumnya adalah atap datar, atap pelana, atap perisai, atap panggang, atap kubah, atap kerucut, atap hyperbolic, atap busur, atap payung dan atap membran.
Pemilihan desain atap ini dipengaruhi oleh material yang dipakai, ketersediaan material di daerah lokal serta tenaga / tukang ahli yang akan membuatnya. Material rangka atap yang biasa digunakan seperti rangka atap beton, rangka atap baja, rangka atap kayu, rangka atap besi sampai rangka atap baja ringan.

ATAP BAJA RINGAN

Kali ini akan dibahas tentang desain rangka atap baja ringan. Rangka atap baja ringan saat ini sudah banyak dipakai baik untuk rumah tinggal, gudang, perkantoran, hotel, bangunan ibadah, restoran dan sebagainya. Konstruksi yang dipakai pada rangka atap baja ringan dinamakan “steel truss” yang merupakan kuda kuda atap dengan kekuatan dan kualitas tertentu untuk melindungi serta menjaga kesatuan struktur rangka atap pada bangunan.
Beberapa syarat yang harus diketahui dan dipenuhi, sebelum desain rangka atap baja ringan dibuat:
 1. Denah rencana atap
Gambar denah rencana atap harus ada untuk mengetahui desain bentuk atap yang diterapkan pada bangunan. Bila perlu terdapat gambar 3D sebagai visualisasi desain bentuk atap untuk memudahkan perencanaan rangka atap baja ringan.
content image
2. Denah balok ring
Gambar denah balok ring juga harus dilampirkan untuk mengetahui konstruksi bangunan atas, karena kuda kuda /rangka atap baja ringan nantinya akan berada di atas balok ring.
content image
 3. Sudut kemiringan atap
Sudut kemiringan atap yang didesain juga harus diketahui, yang lebih mudah dengan dilampirkan gambar potongan bangunannya. Apakah kemiringan atap 15° atau  30° atau 45°, yang akan berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan.
content image
4. Overhang
Overhang ini adalah sosoran atap pada bangunan yang bisa berfungsi sebagai atap teras samping maupun atap teras depan. Overhang umumnya pada rumah tinggal, dari balok ring berjarak 80cm atau 90cm atau 100cm. Overhang ini juga berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan.
5. Jenis & Merek genteng yang dipakai
Nah jenis dan merek genteng pun juga berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan. Seperti ukuran genteng (pengaruh pada jarak reng), material genteng (pengaruh pada beban atap dan jarak kuda kuda) dan merek genteng (pengaruh pada bentuk dan jarak pasang genteng).
6. Beban tambahan di atas 200Kg
Ada kemungkinan beban tambahan pada atap bangunan, yang harus diberitahukan di awal perencanaan rangka atap, yang berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan. Beban tambahan yang dimaksud seperti: pemanas air, lampu hias gantung, maupun pernak pernik display lainnya yang melebihi beban di atas 200Kg.


baja ringan murah padalarang 0811 2049 113

Tidak ada komentar:

Posting Komentar